Sabtu, 01 Januari 2011

Membuat Presentasi

Presentasi dapat diartikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat ataupun informasi kepada orang lain. Dalam sebuah presentasi terdapat beberapa unsur pokok, diantaranya adalah:
  • pihak yang melakukan presentasi disebut presenter; 
  • peserta presentasi atau audiens juga disebut audience;
  • media atau perangkat presentasi.  
Seorang guru yang menyajikan materi pelajaran di kelas dapat dikatakan juga sebagai presenter. Jika yang bertindak sebagai presenter seorang guru, peserta presentasinya tentunya para siswa, sedangkan media presentasinya adalah berupa papan tulis / whiteboard dengan spidol, buku pelajaran, handouts, Labtop yang terhubung dengan LCD dan yang terbaru menggunakan papan tulis elektronik ( SMART Board ).

Smart Board adalah sebuah Papan Tulis Elektronik dengan tekhnologi baru yang canggih dalam presentasi, touch screen, wieless, flexible yang terhubung dengan komputer & LCD projector, dan di dukung dengan software profesional. Presentasi dalam penyampaikan suatu materi menjadi lebih mudah bahkan dapat langsung di jalankan (open, edit, delete dan save) tanpa menyentuh. PC. Smart Board adalah media presentasi dan media informasi yang berasal dari Canada. Perangkat ini cocok digunakan di ruang meeting kantor sebagai perangkat penunjang presentai dan meeting atau ruang kelas untuk menunjang kegiatan proses pembelajaran. Pada dasarnya fungsi utama dari smartboard ini adalah memindahkan fungsi PC/laptop kepada board atau LCD. Samrtboard ini mempunyai virtula keyboard yaitu mouse sebagai jari kita (touchscreen) dan juga board/LCD pada smartborad sebagai monitor.

Adapun fitur dari smart board adalah :
 

Bisa merekam selama presentasi baik suara presentasi, data atau materi presentasi. Karena smartboard ini mempunya konektifitas terhadap komputer/USB maka dapat di sambung ke komputer/laptop dan dapat di simpan juga. Fitur lain dari smart board ini juga bisa mengubah tulisan tulisan tangan menjadi tulisan teks.
Mengubah tulisan tangan menjadi gambar

Jenis-jenis presentasi dapat kita kelompokkan menjadi dua macam, yaitu:
 

Presentasi langsung: seorang presenter dan peserta dapat berkomukasi secara langsung, contoh proses KBM di kelas, guru dan siswa bertatap muka secara langsung, sehingga siswa dapat berinteraksi dengan presenter / guru, contoh lain di era modern ini yaitu telekonferensi, dalam telekomunikasi, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan telekonferensi memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk konferensi audio atau konferensi video. Konferensi audio merupakan salah satu jenis telekonferensi dimana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang melalui speaker. Dalam konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing.

Presentasi Tidak langsung: peserta tidak langsung bertemu dengan presenter di dalam satu ruangan atau kelas, contoh  koran, tabloid dan majalah.

TUTORIAL MEMBUAT PRESENTASI


0 komentar:

Posting Komentar