Tema pengembangan kurikulum 2013
adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif,
dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu
bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam
perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi
pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada
kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21yang
berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan.
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Sedang gambar 1 adalah posisi
kurikulum 2013 yang terintegrasi sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum
2013. Sudah barang tentu untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses
pembelajaran yang mendukung kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan
kurikulum yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati,
menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan
kreativitas peserta didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk
bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning. Pertanyaannya, pada
pengembangan kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum yang berubah? Empat
standar dalam kurikulum meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan
standar penilaian akan berubah sebagaimana ditunjukkan dalam skema elemen
perubahan.
Perubahan
yang Diharapkan
Pengembangan kurikulum 2013,
selain untuk memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pada
kurikulum 2006, bertujuan juga untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu
lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan
(mempresentasikan), apa yang di peroleh atau diketahui setelah siswa menerima
materi pembelajaran.
Gambar 4
Melalui pendekatan itu diharapkan
siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh
lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif.
Sedikitnya ada lima entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga
kependidikan, manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat
umum, yang diharapkan mengalami perubahan. Skema 2 menggambarkan perubahan
yang diharapkan pada masing-masing enitas.